Ebook

Dunia sudah bisa diakses dengan mudah dalam genggaman’terutama dalam hal informasi yang mengenainya dsb.

Dan itu merupakan bagian dari kemajuan teknologi dimasa kini,yang mempengaruhi pola kehidupan sehari-hari baik dalam hal bertransaksi keuangan,dalam jualbeli barang maupun dalam urusan usaha/pekerjaan hingga sampai urusan pasanganpun teknologi  internet melalui berbagai medianya didimanfaatkan untuk yang demikian karena kemudahanya untuk bisa digunakan.

Jika sesuatu bisa disampaikan keberadaanya/maupun didapatkan melalui dunia maya/internet dijaman sekarang,maka begitu juga pada hal lain yang mengalami perubahan juga dalam hal’nya,semisal keberadaan ebook yang juga bisa jadi mewakili keberadaan buku.

Kenapa bahasanya mewakili bukan menggantikan?sebab bagaimanapun juga keberadaan buku tak bisa digantikan dengan keadaan ebook yang ada saat ini.

Karena tidak semua orang bisa mengakses keberadaan dan kemudahan internet walaupun dijaman sekarang’dan keberadaan buku dan ebook juga punya kelebihan dan kekurangan masing-masing’tetapi walaupun demikian keduanya tetap sangat membantu sebagai media pembungkus/pembingkai ilmu.

Ebook(Electronik book)/Buku Elektronik adalah buku yang disajikan bukan dalam cetakan bermedia kertas dan sejenisnya’melainkan buku yang dibuat dan diformat dalam berbagai macam file,baik itu file word/pdf/jpg/Txt/Html/Xml dan sejenisnya dsb.

Seperti halnya buku dengan tulisan yang disertai gambar sebagai penjelas pendukung dari isi tersebut,diebook juga banyak kelebihanya,yaitu diantaranya adalah sbb:

1.Tidak Perlu Dicetak

Dalam ebook tidak memerlukan kertas sebagai media penempat segala isi tulisan yang tertuang didalamnya’melainkan bisa dituangkan/disimpan disebuah aplikasi/email/maupun akun pribadi.

2.Beda dengan buku,yang pendukung tulisanya hanya bisa diisi gambar sebagai pendukungnya,di ebook bisa juga disertai video didalamnya/maupun audio lainya dsb.

3.Kemudahan ebook pun mengenai file cara mendapatkannya bisa didapatkan melalui email/dengan di download maupun lewat aplikasi lain,yang kemudian bisa disimpan diakun/file hp.

4.Bisa dibaca kapanpun dan dimanapun,tanpa repot membawanya seperti halnya buku kertas,karena file isi tulisan bukunya bisa dibuka melalui hp.

5.Lebih awet dan gak rusak dibanding dengan buku kertas,yang semakin lama semakin pudar,serta kusam pula bentuk sampul maupun kertasnya dsb.

Karena file ebook andaipun mengalami kerusakan pada komputer/perangkat anda dan hilang keberadaanya bisa didownload ulang menurut file yang tersimpan disebuah akun dsb.

Segi Sisi Baca
Dalam hal segi sisi baca tentunya tampilan buku dengan wujud fisiknya,lebih enak dibaca daripada dengan keberadaan ebook.

Karena kalau dirasakan dari segi lelah baca tentu saja membaca diebook lebih cepat lelah matanya,dibanding dengan membaca buku yang tidak memantulkan sinar cahaya yang cepat melelahkan mata.

Segi Sisi Kepraktisan
Dalam segi kepraktisan tentunya bagaimanapun ebook lebih unggul dibandingkan dengan buku kertas,baik praktis dalam membuatnya maupun dalam mendapatkanya.

Fitur Gratis
Buku yang terformat ebook pun banyak juga yang bisa didapatkan gratis,dibandingkan dengan buku kertas,meskipun banyak juga ebook yang didapatkan dengan berbayar.

Ebook Jadi Alternatif Bagi Para Penulis Untuk Bisa Menerbitkan Karya’nya Dengan Mudah
Keberadaan ebook sangat membantu bagi para penulis yang punya karya besar tetapi tidak bisa menerbitkan karyanya melalui perusahaan percetakan dsb.

Dengan adanya ebook ini jadi alternatif tersendiri untuk mempublikasikan sebuah karya tersebut,bahkan sudah banyak penulis juga yang sukses lewat karya melalui ebooknya.

Pilih Buku/Ebook?
Bagaimana dengan anda?mau pilih buku/ebook sebagai media pencari ilmu anda?

Tentunya keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing,tergantung bagaimana kenyamanan anda dalam segi membacanya.

Dengan demikian Keberadaan ebook tentunya jadi pempraktis dan penyimple keadaan buku dengan berbagai kelebihan dan kekuranganya yang bisa juga setidaknya mewakili/duplikat sisi lain dari buku.

Karena buku sendiri keberadaanya belum bisa tergantikan sepenuhnya oleh ebook,seperti halnya komputer dengan keberadaan berbagai kecanggihan hp sekarang.

Namun apapun ilmu yang kita dapatkan baik melalui buku/ebook setidaknya itu semua jadi refrensi yang harus dikaji ulang juga.

Adapun jika didapatkan secara gratis maka doakanlah sumbernya,dan jika didapatkan dengan cara berbayar karena bikin buku/ebook itu banyak juga biayanya,dan gak bisa jadi dalam waktu hari/bulan bahkan kadang hitungan tahun bisa tersaji sebuah buku/ebook dengan berbagai kandungan isi,yang perlu juga kita menghargai sebagai upaya menghormati ilmu yang semoga manfaat dunia akhirat’Aamiin.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: