Fungsi Dan Manfaat Blog

Blog merupakan singkatan dari website log sebagai jurnal maupun artikel yang ditulis di media internet.

Sedangkan yang menulis artikel/tulisan isi blog itu sendiri disebut blogger(seorang praktisi penulis blog)dan kegiatan yang dilakukan blogger disebut dengan blogging/pe”ngeblog”.

Sejarah Singkat Tentang Blog
-Blog Pertama kali didunia tahun 1994 bernama links.net (dimiliki oleh Justin Hall seorang pelajar dari Swarthmore College).

-Pertama kali digunakan sebagai untuk kabar berita pada tahun 1998 yang mengabarkan tentang badai Bonie dan ditulis oleh Jonathan Dube dari Charlotte.

-Tahun 1999 adalah tahun dimana nama weblog disederhanakan menjadi nama blog oleh Peter Merholz,dan ditahun ini blog yang paling sukses terkenal adalah platforum blog yang bernama Livejournal yang dirillis oleh Brad Fitzparick.

Dan ditahun ini juga tiga sahabat pendiri start-up Pyra Labs membuat platform blog yang bernama Blogger’yang termasuk platform yang banyak digunakan sampai tahun 2000’an hingga 2020 saat ini(termasuk blog SitusĀ ini’yang menggunakan platform ini).

-Pada Tahun 2002 blog dimanfaatkan untuk sarana kampanye/opini para politikus,ditahun ini juga di rilis “Technorati”sebagai mesin pencari blog pertama kali didunia.

-Pada Tahun 2003 Blogger.com platform blog milik Pyra Labs diakuisisi oleh Google
-Tahun 2004 pertama blog video dirillis yang jadi cikal bakal VLOG yang juga dijadikan Youtube saat ini oleh Steve Garfield

-Pada Tahun 2005 periklanan diblog mencapai peningkatan yang pesat hingga mencapai 100 juta dollar.

-Tahun 2006 jumlah blog mencapai 50 juta,berdasar data statistik Technorati,dan blog yang terpopuler pada saat itu adalah blog “Marshable”

-Ditahun 2009-2010 pengguna blog meroket meningkat pesat’seiring dengan adanya berbagai tema pembahasan artikel blog yang bukan untuk dunia berita saja,tetapi digunakan untuk kegiatan penyampaian informasi lainya dsb,dan jumlah blog ditahun ini mencapai 152 juta blog.

-2011 blog digunakan oleh seorang presiden amerika serikat yaitu obama,yang membuat blog di Tumblr.

-2012 sekitar 62% dari banyaknya perusahaan-perusahaan berbondong membuat blog untuk mempublikasikan akses keperusahaanya dsb.

-Pada Tahun 2013 segala informasi dari blog dipercaya 81% akan keakuratanya’terutama para pengguna dan pembaca dari amerika serikat dan belahan dunia lainya,dimana waktu itu masih beberapa orang saja juga yang bisa mengerti dan menulis diblog.

Lalu apa saja sih fungsi dan manfaat Blog?yang bukanlah hanya media untuk berbagi opini/pendapat saja,karena ternyata fungsi dan manfaatnya banyak digunakan untuk blog pribadi,blog bisnis/perusahaan,blog pemerintahan dsb.

Diantara Banyaknya fungsi dan manfaat blog:
1.Bisa dijadikan sebagai arsip catatan pribadi/organisasi/pemerintahan maupun arsip pencatat moment suatu kegiatan yang kemudian bisa diakses pribadi saja/dipublikasikan secara umum.
2.Meningkatkan brand suatu produk yang berpengaruh besar terhadap suatu usaha/bisnis yang dijalankan secara profesional.

3.Untuk Kemudahan Berbagi/Membagikan Pengetahuan/Informasi
4.Sebagai tempat penuang segala bakat
5.Mengasah kemampuan menulis,semakin sering menulis maka akan semakin baik tulisan yang akan dihasilkan.
6.Untuk Memperoleh Uang/Penghasilan
7.Untuk Penjualan Produk/Jualbeli dsb.

Dan masih banyak sekali fungsi dan manfaat lainya,bisa browsing juga untuk lebih banyak mengetahuinya.

Semoga bermanfaat dan memudahkan anda dalam memanfaatkan blog didunia online.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: