Khasiat Manfaat Siwak

SIWAK/MISWAK

Si Kayu Ajaib yang anti bakteri,sebagai juga pencegah kanker.

Rasulullah Saw bersabda:
“Siwak merupakan kebersihan bagi mulut dan keridhaan bagi Rabb”
(HR.Ahmad).
 
Siwak/miswak sikayu ajaib yang dapat membunuh kuman bakteri bahkan sebagai sarana pencegah kanker.
Siwak/Miswak secara fungsinya mungkin bisa digantikan dengan pasta gigi modern sekarang ini, karena fungsinya sebagai penggosok gigi,namun secara keilmiah’han khasiat manfaatnya pasta gigi semahal apapun tak kan pernah bisa menggantikan dari khasiat manfaat siwak/miswak ini,secara fungsi kesehatan dari unsurnya mungkin iya,tapi secara nilai spiritualis dalam agama yang mensunahkan itu beda lagi kajianya.
Banyak ulama menerangkan bahwa dalam siwak terdapat khasiat manfaat yang sangat banyak sekali,bahkan ada yang menyebutkan tiga puluh hingga tujuh puluh lebih manfaat dalam bersiwak.
Bahkan Laboratorium tentang ilmu-ilmu kuman dan penyakit menular di Jerman menyatakan zat-zat yang terkandung dalam siwak memiliki dampak yang sangat baik persis seperti pengaruh penisilin.

Hingga World Health Organization (WHO) pun pada tahun 1986 dan 2000 menyarankan penggunaan siwak untuk membersihkan gigi, dan menjadikan siwak termasuk komoditas kesehatan yang perlu dipelihara dan dibudidayakan.
Penelitian ilmiah modern terhadap siwak mengungkapkan bahwa siwak memiliki manfaat yang sangat luar biasa,karena mengandung mineral-mineral alami yang dapat membunuh bakteri,melawan pembusukan, mencegah karies,menghilangkan plak,memutihkan gigi,melindungi gigi dari kerapuhan,membantu merekatkan luka gusi dan pertumbuhannya secara sehat, melindungi mulut serta gigi dari berbagai penyakit, dan juga memiliki manfaat mencegah kanker.
“Maka memang tidak salah sebenarnya jika siwak ini kemudian dijuluki sebagai “si Kayu Ajaib”.
Dan berikut adalah diantara banyaknya khasiat dan Manfaat Siwak/miswak adalah sbb:
-Menjaga kesehatan gigi dan gusi,serta menyegarkan bau mulut,memutihkan gigi,mencegah gigi berlubang sehingga terhindar dari sakit gigi,melancarkan bicara dan menyaringkan suara,menajamkan penglihatan mata juga melancarkan pencernaan.
.
-Membunuh bakteri, mencegah infeksi dan menghentikan pendarahan pada gusi(bagi seseorang yang gusinya selalu mengeluarkan darah).
.
-Dalam suatu penelitian ditemukan bahwa ternyata dalam satu kali penggunaan,siwak dapat membunuh 80% bakteri yg ada di dalam mulut secara efektif.
.
-Mencegah proses pembusukan dan merangsang produksi saliva
Zat anti pembusukan (Anti decay agent) yang terdapat dalam siwak mampu menahan pembusukan dan menurunkan jumlah bakteri di dalam mulut dimana efeknya berlangsung selama 6 hingga 8 jam dari waktu pemakaiannya.
.
-Selain itu siwak juga turut merangsang produksi saliva (air liur) lebih,dimana saliva merupakan organik mulut yang melindungi dan membersihkan mulut.
.
-Membersihkan gigi, memutihkan gigi, mencegah karies, serta menyehatkan gigi dan gusi
-Terdapat kandungan seperti Pottasium, Klorida, Fluoride, Sodium Bicarbonate, Sulfur, Silika, Salvadorine, Tannins dan beberapa mineral lainnya yang terkandung dalam siwak sangat berperan untuk membersihkan gigi, memutihkan gigi, mencegah karies, serta menyehatkan gigi dan gusi..

-Ada kandungan Klorida yang bermanfaat untuk menghilangkan noda pada gigi,sedangkan silika berfungsi menghilangkan warna yang menyelimuti permukaan gigi dan memutihkan gigi, adapun fluoride sebagai pencegah terjadinya karies dengan memperkuat lapisan email dan mengurangi larutnya terhadap asam yang dihasilkan oleh bakteri.

Bahan-bahan ini sering diekstrak sebagai bahan penyusun dalam pasta gigi,yang membantu penyembuhan dan perbaikan jaringan gusi
 
Kandungan Trimethylamine dan vitamin C membantu penyembuhan, merekatkan luka gusi dan memperbaiki jaringan gusi.
.
-Mencegah pembentukan plak, memperkuat pembuluh darah dan mencegah radang gusi,enzim yang terkandung dalam siwak dapat mencegah pembentukan plak yang dapat menyebabkan radang gusi.
.
-Ada kandungan vitamin C dan Sinositrol yang memperkuat pembuluh darah dan melindungi gusi dari radang.
.
-Menyegarkan nafas dan menghilangkan bau mulut,kandungan minyak aroma alami dalam siwak yang memiliki rasa dan bau yang segar menjadikan mulut menjadi harum serta menghilangkan bau tak sedap.
.
-Menambah nafsu makan
Zat Anthraliton yang terkandung dalam siwak disamping aktif membersihkan mulut juga dapat menambah nafsu makan serta memperlancar gerakan usus perut.
.
-Mencegah Demensia (Pikun),menurut hasil penelitian dari New York University,salah satu penyebab Alzheimer adalah dipicu oleh radang gusi,radang gusi sendiri dipicu oleh penumpukan plak dan kebersihan mulut yang buruk,salah satu cara efektif untuk terhindar darinya adalah rajin membersihkan gigi menggunakan siwak karena siwak sendiri sangat bermanfaat mencegah timbulnya radang gusi,jadi penggunaan siwak sangat berkolerasi untuk pencegahan penyakit Alzheimer atau Demensia.
.
-Mencegah Meningitis (Peradangan Selaput Otak).

Bakteri S.Trigunirus adalah bakteri penyebab meningitis dan termasuk bakteri yang hidup di dalam rongga mulut,pada saat terjadi pendarahan spontan pada peradangan gusi atau jaringan periodontal yang menandakan ada pembuluh darah yang pecah, bakteri S trigunirus ini dapat masuk ke dalam pembuluh darah dan bisa terbawa ke otak hingga berpotensi menyebabkan meningitis,salah satu fungsi siwak sebagai antibakteri dan anti radang mampu mencegah terjadinya bakteri terbawa ke otak penyebab meningitis.
.
-Meredakan rasa sakit dan menurunkan ketegangan otot-otot neurorefleks,menggosok gigi menggunakan siwak ternyata tidak hanya bermanfaat untuk membersihkan gigi dan sebagai antibakteri, tapi juga dapat menstimulasi Biologically Active Spots (BAS) yang terletak di antara gigi dan gusi,titik-titik ini terhubung dan mengatur fungsi sejumlah organ dimana terpijitnya titik ini oleh siwak dapat berfungsi untuk meredakan rasa sakit dan menurunkan ketegangan otot-otot neurorefleks.
.
-Menghilangkan efek kecanduan bagi perokok aktif,salah seorang peneliti siwak yang menghabiskan 17 tahun masa hidupnya hanya untuk meneliti kegunaan siwak, Ramli Mohammed Diabi, berpendapat bahwa siwak juga berfungsi untuk menghilangkan efek kecanduan bagi perokok aktif.
.
-Mencegah Kanker
Hasil beberapa penelitian menyebutkan bahwa zat-zat yang terkandung dalam siwak dapat menghalangi aktivitas sel-sel kanker,dalam studi ilmiah yang dilakukan di Pakistan tahun 1981 terhadap jenis-jenis siwak, hasilnya adalah terdapat zat-zat dalam siwak yang mampu mencegah kanker..

Balai Kesehatan Nasional di Amerika Serikat melakukan uji coba terhadap kandungan siwak untuk mengetahui seberapa jauh aktivitas zat-zat siwak melawan penyakit kanker,hasilnya menunjukkan adanya komposisi kimiawi dalam tumbuhan ini yang mampu mencegah tumbuhnya berbagai macam kanker.

.
Bahkan selain dari yang tersebut efek penggunaan siwak juga ber’efek dapat meluruskan tulang punggung,serta mencegah tumbuhnya uban yang terlalu dini pada rambut.
.
-Selain banyaknya manfaat secara lahiriah pada kesehatan bersiwak juga suatu amalan yang membuat Allah Ridho,disukai dan didoakan para malaikat,sehingga jadi sebab dilancarkan rejekinya dsb.
.
Memang sungguh begitu luar biasa Allah Swt memberi keberkahan khasiat manfaat pada kayu ajaib yang bernama siwak/miswak tersebut,dan alangkah memang ruginya jika kita tidak memanfaatkan khasiat manfaat pada’nya,dan tentunya banyak kita kita yang tau tapi kadang sebagian juga masih berat menggunakan,terkadang memang harus memaksakan diri untuk bisa membiasakan dengan menyikapinya dalam menggunakan,pikiranya anggap saja itu obat yang memang benar jadi obat,dan semoga kita bisa menggunakan sebaik mungkin untuk mengambil khasiat manfaat yang terdapat padanya.
Semoga tentang kesehatan ini jadi refrensi pengetahuan akan adanya suatu khasiat manfaat yang luar biasa bagi kesehatan manusia,yang terdapat pada sesuatu yang boleh dibilang kita mudah mendapatkanya,namun enggan mengambil dari khasiat manfaatnya tersebut,yaitu siwak yang terbilang mudah dan gampang dalam mendapatkan.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: