SID Desa

Sistem Informasi Desa(SID)Sebagai Sarana Publikasi Info Profil Dan Peemerintahan Desa

Tentang Publikasi

Dalam hal publikasi Info Profil dan Pemerintahan Desa,tentunya sudah jadi kewajiban yang harus dilaksanakan pemerintahan desa,dengan Sistem Informasi Desa (SID)yang ada,berdasarkan:

LEMBARAN BERITA NEGARA REPUBLIK INDONESIA

KEMEN-DPDTT Nomor 11 Tahun 2019.

Maksud Dan Tujuanya:
Diantara banyaknya maksud dan tujuanya,tentunya agar Sistem Informasi Desa berfungsi sebagai mana mestinya,Sehingga Diharapkan Agar:

-Warga desa bisa mengakses dengan mudah,akan segala informasi profil maupun pemerintahan desanya.

-Untuk kemudahan warga desa,dalam menyampaikan berbagai aspirasi,kritik dan saranya sebagai peran partisipasi dalam pembangunan desa.

-Sebagai kemudahan pemerintahan desa dalam menyampaikan/memberitahukan mengenai tentang perihal berbagai bantuan,maupun segala perubahan anggaran pembangunan yang juga menyesuaikan keadaan(termasuk karena adanya suatu bencana dengan bagaimana cara pencegahan dan penangananya dsb).

-Sebagai sarana kemudahan pemerintahan desa,dalam upaya memberdayakan peningkatan pembangunan sumber daya manusianya.

Dan tentunya masih banyak sekali fungsi dan manfaat kemudahan sebuah SID jika dimaksimalkan,agar bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Sehingga dengan demikian tentunya,tidak akan adanya kesalahpahaman mengenai informasi pemerintahan desa pada warganya.

Maka itu perlunya SID Desa Selain dipublikasikan secara online juga harus dipublikasikan secara offline’sebagai juga untuk sarana penyampaian pemberdayaan desa dsb’.

1.Publikasi Secara Online
Tidak semuanya blog/website bisa ditemukan secara mudah maupun sering diakses didunia online,contohnya website desa sendiri yang jarang diakses warganya,karena kurang maksimal dalam mengenalkanya.

Dan belum berfungsi sebagaimana mestinya,yang sebenarnya sangat vital buat sarana pemberdayaan warganya dengan bidang-bidang yang harus diperdayakan secara maksimal.

Maka itu pengenalan publikasi secara online harus dimaksimalkan dengan pengenalan secara offline juga.

2.Publikasi Secara Offline
Termasuk melalui:
-Selebaran Brosur/Buletin Desa
-Banner/Baliho
-Adanya kerjasama dengan media lokal/pada para blogger desa,dll dsb.

3.Pemberdayaan

Diantaranya Dengan Menambahan Konten Yang Sifatnya Memberdayakan
Dalam upaya meningkatkan pembangunan sumber daya alamnya maupun sumber manusianya,untuk juga kemajuan bangsa.

Termasuk diantaranya adalah:
-Mempublikasikan/mengenalkan potensi/produk ungulan dari desa maupun dari warganya,sehingga bisa dikenal oleh desa lain,maupun sesama warga,yang juga jadi jembatan pemudah penumbuh perekonomian desa.

-Memberikan bimbingan pembinaan,sehubungan dengan semakin mudahnya segala bentuk pengetahuan,baik dalam ilmu agama maupun pengetahuan yang sifatnya umum dsb.

Agar tidak adanya pemahaman radikalisme/terorisme,serta segala pemahaman yang dapat memecah persatuan bangsa dsb,maupun yang menyimpang dan melanggar aturan agama maupun bangsa.

Melainkan agar adanya rasa kepedulian,sebagai bagian kesempurnaan iman dalam menjalankan kehidupan beragama,berbangsa dan bernegara.

Kesimpulan
Intinya Adalah,bahwa memaksimalan Sistem Informasi Desa(SID)yang ada secara profesional,akan dapat mempermudah jalanya suatu pemerintahan desa dengan berbagai halnya.

Kemajuan desa adalah kemajuan bangsa,dan kemajuan desa akan bisa terwujudkan jika sumber daya alam dan sumber daya manusianya dibangun/diberdayakan dengan sebaik mungkin.

Dengan adanya hubungan dan komunikasi yang baik antara warga desa dan pemerintahanya,dalam bekerjasama membangun desa.

Maka itu ternyata begitu vitalnya fungsi SID,diera milenial ini.

Agar juga bangsa tetap punya generasi penerus,untuk bisa menyelenggarakan dan mengawal jalanya suatu pemerintahan yang lebih baik dikelanjutanya.

Maka itu SID punya fungsi yang vital dan agar diberdayakan secara maksimal,karena juga sebagai sarana untuk membekali mental para generasi bangsa diera milenial.

Dengan demikian tentunya publikasi desa dengan pemberdayaanya,sejalan dengan apa yang agama ajarkan dan srjalan dengan apa yang pemerintah programkan dalam membangun revolusi mental setiap warga negaranya.

Itulah diantara bagaimana seharusnya publikasi info profil dan pemerintahan desa,dengan pemberdayaanya,yang harus dilaksanakan karena sudah menjadi kewajiban pemerintahan desa juga.

Untuk mewujudkan kemajuan desa yang juga jadi kemajuan suatu bangsa.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: