Tugas Dan Fungsi Caleg

Sebenarnya tak bisa dipungkiri mengenai tugas dan fungsi caleg,yang banyak orang belum mengerti dan memahami,bahkan tak jarang yang jadi caleg’nya sendiri kurang memahami mengenai tugas dan fungsinya seorang caleg secara keseluruhan berdasar kewajiban setelah menjadi legislatif.

Mungkinkah karena keterbukaan demokrasi kita,yang untuk siapa saja warga negara punya hak untuk menjadi seorang legislatif.

Tetapi terlepas dengan apapun niat dan tujuanya,entah itu mau berkarier dalam dunia tersebut,entah itu memang agar jadi suatu pekerjaan bagi dirinya dsb,setidaknya dengan tujuan dan niat tersebut setelah terpilih nantinya bisa profesional dengan yang menjadi tugas dan fungsi ketika menjalankanya.

Jangan hanya karena suatu tujuan untuk kepentingan pribadinya saja,maka itu setidaknya para pengurus partai dan segenapnya ketika ada seorang yang mau nyaleg melalui perantara partainya,tentunya lebih mengedepankan komitmen untuk konsekuen dengan tugas dan fungsi seorang caleg.

Karena seorang caleg tanpa disadari juga jadi wakil untuk menjaga nama baik partai yang ditunggangi sebagai kendaraanya dalam nyaleg.

Lalu apasih tugas dan fungsi dari legislatif?diantara fungi dan tugas pokoknya adalah sbb:

1.Berfungsi tugas berlegislasi yaitu dengan membentuk undang-undang bersama presiden(tingkat pemerintah pusat/DPR RI).

Membentuk undang-undang/peraturan daerah bersama gubernur(untuk tingkat DPRD Proviinsi).

Dan membentuk undang-undang/Peraturan daerah(PERDA) bersama bupati/walikota untuk yang tingkat kabupaten/Kota(DPRD Kota/kabupaten).

2.Fungsi yang ke2(dua) adalah mengawasi(pengawasan)dengan pelaksanaan undang-undang/peraturan yang telah dibentuk bersama menurut tingkatnya masing-masing,baik dalam suatu anggaran perbelanjaan maupun bagaimana dengan jalanya suatu pemerintahan.

3.Mengontrol/membahas/menyetujui serta tidaknya suatu penganggaran perbelanjaan APBN/APBD yang diajukan pemerintah berdasar tingkatnya masing-masing.

Nah selain dari tugas pokok tersebut seorang legislatif juga harus tau dan peka dengan apasih yang menjadi problema rakyatnya,dan bagaimana sih solusi terbaiknya.

Sehingga dalam membentuk suatu Undang-Undang/peraturanya maupun menganggarkan suatu perbelanjaan bisa pas dan mengena,tidak hanya asal dan asal ikut-ikutan saja dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Tugas dan fungsi pokok tersebut semesti dan seharusnya memang harus dipahami dan dimengerti,sehingga ketika terpilih dimasing-masing dapilnya seorang legislatif bisa mewakili aspirasi dan bisa mengusahakan dengan memperjuangkan untuk jadi solusi dalam membangun suatu daerah/negeri ini.

Jika hal tersebut bisa dimengerti dan dipahami tentunya para legislatif tidak akan keliru dalam menjalankan apa yang menjadi tugas dan fungsinya.

Dengan demikian menjadi wakil rakyat(legislatif)bukan untuk mencari nama/popularitas kewibawaan  dalam jabatan,melainkan benar-benar jadi wakil rakyat yang menyuarakan aspirasi untuk kepentingan bersama.

Benar-benar duta rakyat yang beperan penting dalam pemerintahan untuk kepentingan rakyat,dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat sehingga bisa juga merakyat ketika menjabat.

Namun kenyataanya banyak caleg setelah terpilih lupa diri,mengingkari dan menghianati janji ketika mencalonkan diri.

Banyak yang korupsi untuk memperkaya diri,lupa sama rakyat karena sudah jadi konglomerat,memang tidak semuanya tapi hanya sebagian saja,tapi sebagian kecil apa sebagian besar ya hehehe….

Ya semoga saja para caleg selanjutnya benar-benar tau apa tugas dan fungsinya serta bisa menjalankan tugas dan fungsi tersebut ketika terpilih,sebagai amanahnya dalam mengemban tugas dan fungsinya.

Tetapi untuk mencetak caleg yang benar-benar tau tugas dan fungsinya serta bisa menjalankanya tentunya partai politik berperan besar sebagai penyaring caleg’nya ketika mendaftar melalui partainya dengan memberikan arahan untuk yang semestinya agar bisa bertugas dan berfungsi sesuai kewajibanya.

Seorang pemilih juga setidaknya jeli dan tau dengan caleg yang akan dipilihnya,demi kepentingan bersama,dan demi untuk bisa berjalanya suatu pemerintahan yang lebih baik juga,sehingga berkemajuan dalam suatu pembangunan.

Nah bagaimana bapak caleg?yang mau milih caleg?semoga artikel ini jadi refrensi mengenai menjadi caleg dan yang mau memilihnya.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: